Penghasilan Tambahan

Cara Tips menahan Mengendalikan Nafsu Makan

Bagaimana Cara Tips menahan atau  Mengendalikan Nafsu Makan agar tidak gemuk.

Pada kesempatan ini saya ingin posting tentang Cara Tips menahan  Mengendalikan Nafsu Makan agar tidak menjadi gemuk.
Nafsu makan berlebihan perlu dikendalikan, jika Anda tak ingin mengalami kegemukan. Mengendalikan keinginan untuk makan bisa dilakukan dengan cara alami, dengan memilih makanan yang meregangkan lambung dan membuat cepat kenyang.


Rasa lapar muncul karena ada rangsangan dari lambung, jelas ahli gizi klinis, dr Samuel Oetoro, SpGK. Saat lambung kosong, secara otomatis rasa lapar muncul dan memerintahkan otak untuk segera mencari makanan dan mengisinya.

"Jika lambung sudah terisi, secara alami rasa kenyang muncul dan berhenti mengisi makanan," jelasnya.

Awali dengan memotivasi diri
Persoalannya, seringkali rasa kenyang "seakan" tak muncul sehingga lambung terus-menerus diisi. Hal inilah yang membuat nasfu makan tak terkendali. Dalam hal ini penyebab utamanya karena tak adanya motivasi diri.

"Anda perlu memiliki gol yang kuat untuk bisa mengontrol nafsu makan," kata dr Sam.

Selain motivasi untuk mengontrol pola makan, termasuk nafsu makan, Anda juga perlu membiasakan lambung untuk meregang, dan menimbulkan rasa kenyang.

Pilih makanan kaya serat atau mengandung banyak air
Caranya, pilih makanan dengan kandungan serat, seperti buah, sayur, sereal, atau gandum. Pilih buah berserat tinggi seperti apel, pir, atau jeruk. Buah yang mengandung banyak air juga membuat lambung teregang, seperti semangka atau melon, meski kandungan seratnya tidak tinggi. Pepaya bisa menjadi pilihan lain yang membuat lambung terisi dan mengenyangkan.

Mengonsumsi jeruk dengan serat putih yang menempel pada buahnya, juga bisa meregangkan lambung. Sementara, makan apel dengan kulitnya akan memperlambat naiknya kadar gula darah dalam tubuh. Apel beserta kulitnya mengandung kadar indeks glikemik (Glycemic Index/GI) yang rendah. Makanan dengan kadar GI rendah akan mengurangi kecepatan naiknya gula darah dalam tubuh setelah makan. Semua jenis sayuran rata-rata memiliki kadar GI rendah dengan banyaknya serat pada bagian batang dan daunnya.

Sumber Kompas

Cara menahan napsu makan, tips menahan napsu makan, cara mengendalikan napsu makan, tips mengendalikan napsu makan, menahan napsu makan, mengendalikan napsu makan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mau membuat website sendiri?