Penghasilan Tambahan

1 mei hari buruh sedunia

1 mei hari buruh seduniaMenteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Mennakertrans) Muhaimin Iskandar meminta pengusaha memberikan keleluasaan kepada buruh memperingati Hari Buruh Internasional pada 1 Mei mendatang. Hari Buruh Internasional merupakan simbol perjuangan buruh membangun ekonomi dunia bersama pengusaha yang sudah diperingati oleh masyarakat luas.
Secara de facto setiap 1 Mei, buruh merayakannya di mana-mana.


"Secara de facto setiap 1 Mei, buruh merayakannya di mana-mana. Oleh karena itu, saya mengimbau kepada para pengusaha jauh-jauh hari agar pada saatnya nanti memberikan keleluasaan bagi buruh yang akan memperingatinya," ujar Mennakertrans lewat telepon di sela-sela rapat kerja Kabinet Indonesia Bersatu II, Gubernur, dan Ketua DPRD provinsi se-Indonesia di Istana Tampak Siring, Gianyar, Bali, Senin (19/4/2010).

Muhaimin menambahkan, seruan ini dibuat agar para pengusaha bisa menyiapkan diri dan manajemen bisa mengatur pelaksanaannya sehingga tidak mengganggu proses produksi. Setiap tanggal 1 Mei, di seluruh dunia diperingati sebagai Hari Buruh.

Pada zaman Orde Baru di Indonesia, peringatan Hari Buruh 1 Mei dilarang karena dituding sebagai warisan komunis. Namun, sejak reformasi peringatan Hari Buruh 1 Mei berlangsung dimana-mana di Tanah Air walaupun pemerintah tidak pernah menetapkannya secara resmi.

"Peringatan Hari Buruh bukan warisan komunis, apalagi komunisme sudah tidak ada lagi. Jangan kita menjebak diri sendiri dalam dongeng lama. Kita perlu meningkatkan kemampuan pekerja kita, otomatis kita perlu memperkuat kedudukan mereka dan memberikan tempat yang sesuai. Saya percaya, gerakan buruh yang kuat akan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kita harus bersama-sama menyambut 1 Mei nanti untuk menguatkan gerakan buruh," kata Muhaimin.

Terkait dengan keinginan buruh agar pemerintah menetapkan sebagai bagian dari peringatan hari nasional, Mennakertrans berjanji memprosesnya agar tahun depan sudah menjadi hari nasional secara resmi. "Masalahnya hal itu harus ditetapkan oleh Presiden melalui keppres, jadi memakan waktu yang cukup lama. Saya akan memprosesnya dan tahun depan kita sudah memperingatinya secara resmi," tegas Muhaimin.

Kongres Bersama Gerakan Buruh Nasional

Sebaliknya pemerintah juga mengimbau agar pelaksanaan peringatan itu oleh buruh dapat dilakukan dengan damai dan aman. "Pemerintah akan bekerja sama dan membantu semaksimal mungkin agar buruh dapat merayakannya dengan aman dan damai. Kita harus jadikan peringatan ini untuk memperkuat buruh," ujarnya.

Terkait dengan berbagai keprihatinan akan terjadinya ancaman PHK, pemerintah tidak menutup diri dan mengajak semua elemen termasuk pengusaha untuk bekerja sama semaksimal mungkin agar hal itu bisa dihindari.

"Kerja sama sangat penting. Walaupun dalam berbagai laporan dikatakan bahwa ekspor kita meningkat selama tahun 2010, kita tetap harus waspada. Kemitraan pengusaha-buruh harus diperkuat. Di sinilah pentingnya penguatan gerakan buruh. Saya akan memfasilitasi adanya kongres gerakan buruh secara nasional, waktunya masih dipikirkan secara tepat," kata Mennakertrans.

aksi unjuk rasa buruh, hari buruh, hari buruh sedunia, unjuk rasa buruh di surabaya, unjuk rasa hari buruh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mau membuat website sendiri?